Advertorial Livestock   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Selasa, 1 Nopember 2016
Anggun KL Farm: Terapkan Manajemen Pakan yang Efisien

Anggun KL Farm:  Terapkan Manajemen Pakan yang Efisien

Foto: 


Komoditas Lain
Unggas
Sapi Perah
Sapi Potong
Domba/ Kambing
Aneka Ternak
Hobi Livestock

Penggunaan protektor pada tempat ransum mengakibatkan pakan tidak tercecer, menghemat biaya pakan dan terhindar dari kontaminasi kotoran, sehingga pertumbuhan ayam lebih optimal

 

Berlokasi di Desa Pojok Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri Jawa Timur, Anggun KL Farm merupakan peternakan broiler (ayam pedaging) yang telah berdiri cukup lama, sejak 1996. Sempat mengalami kejatuhan saat krisis moneter, pemilik Anggun KL Farm tidak menyerah dan melanjutkan usaha peternakan broiler sebagai peternak mandiri. Dikisahkan Manajer Anggun KL Farm, Didik Santoso, berawal dari populasi 300 ekor, kini Anggun KL Farm telah memiliki 5 kandang dengan populasi ribuan. Padahal pemilik tidak mempunyai latar belakang peternakan. Lulus sebagai sarjana teknik, pemilik Anggun KL belajar beternak secara otodidak.

 

 Tidak sampai di situ, sejak 2003, Anggun KL Farm juga membuka sistem kemitraan bagi peternak sekitar. Tak tanggung-tanggung, saat ini plasmanya telah mencapai 100 plasma dengan jumlah populasi secara keseluruhan mencapai ratusan ribu ekor. Menurut Didik, besarnya minat para plasma untuk bergabung dengan kemitraan Anggun KL Farm karena sistem bagi hasil yang dirasa lebih adil. “Kita mendobrak sistem kemitraan dengan bagi hasil 50 : 50 dan menggunakan harga pasar dari mulai sapronak (sarana produksi ternak) hingga harga jual dagingnya. Dan di wilayah ini tidak banyak peternak mandiri yang berani menerapkan hal seperti ini, kita salah satu perintisnya,” klaim Didik.

 

Manajemen Pakan

Disadari Didik, dalam beternak, biaya pakan merupakan komponen paling besar yang harus dikeluarkan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah karakter ayam yang suka bermain-main dengan hal di sekitarnya. Didik mencontohkan, ayam sering mengais-ngais tempat pakan dengan paruh atau kakinya. “Hal ini yang membuat pakan sering tercecer dalam jumlah banyak sehingga menjadi tidak efisien,” jelas Didik.

 

Menyiasati hal tersebut, Didik menggunakan protektor tempat ransum setelah mendapat informasi mengenai fungsi dan manfaat alat tersebut dari Technical Sales Representative Medion di lapangan. “Sejak produk ini di launching, kami langsung pakai,” ujarnya. Dijelas­kan Didik, dahulu sebelum menggunakan protektor tempat ransum, dirinya meletakkan karung bekas pakan sebagai alas di bawah tempat pakan. “Tetapi ternyata pakan bisa bercampur dengan kotoran dan bisa menyebabkan ayam beresiko terkena penyakit,” kisahnya.

 

Semenjak menggunakan protektor tempat ransum diakui Didik penggunaan pakan menjadi lebih efisien, kesehatan ayam lebih baik, serta meminimalisir pakan yang tercecer. Walaupun kami tidak punya hitung-hitungannya tapi terasa sekali penghematan biaya pakan dan ada perbaikan FCR,”ungkap Didik.

 

Tidak hanya Anggun KL Farm, Didik juga mewajibkan para plas­manya untuk menggunakan protektor tempat ransum. “Kira-kira 1 protektor tempat ransum bisa untuk 30 ekor ayam, dan jumlah kebutuhannya disesuaikan dengan populasinya,” terang Didik.

 

Yang membuat Didik memilih menggunakan protektor tempat ransum dari Medion adalah bentuknya yang tidak mengganggu ayam saat makan dan lebih awet. Sedangkan produk lain ada semacam jeruji di bagian atas, sehingga setelah ayam mencapai umur 25 hari atau bobot di atas 1 kg, ayam mengalami kesulitan makan karena kepalanya sudah terlalu besar untuk masuk ke protektor.

 

Selain protektor tempat ransum, banyak peralatan kandang lain dan vaksin yang digunakan berasal dari Medion. “Semoga Medion dapat terus berinovasi menciptakan produk-produk yang lebih mengefisienkan kerja para peternak,” harapnya. lTROBOS

 


   Artikel Lain    

    PROMOZEN sebagai Alternatif Pengganti AGP dan Anti Viral

    Medion Ajak Pelanggan Melancong ke Bali

    Wonokoyo Berhasil Meraih Prestasi Gemilang

    Solusi Peternakan Sapi Perah yang Terintegrasi

    Menyapa Pelanggan dengan Berbagi Ilmu


  • Berkelasnya Kuliner Itik
  • Bisnis Itik Makin Dilirik
  • Kemitraan Budidaya Nila Berkelanjutan
  • Raup Peluang Pasar Nila
  • Training Jurnalistik Media Petemakan
  • Lowongan Kerja: BIOMIN
  •   Menyiasati Margin Budidaya Lele
  •   Mengurai Berbelitnya Perizinan Usaha Tambak

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved