Advertorial Aqua   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Selasa, 15 Nopember 2016
Untung Berlipat Berkat Feedmill

Untung Berlipat Berkat Feedmill

Foto: 


Komoditas Lain
Udang
Air Tawar
Air Laut
Air Payau
Ragam Akua
Hobi Akua

Mencoba dengan berbekal satu kolam pinjaman milik teman, Suhandani memberanikan diri untuk menggeluti usaha budidaya ikan lele. Hasil yang didapat dari satu kolam tersebut ternyata cukup menguntungkan baginya. Ia pun menganggap usaha ini dapat menjadi sebuah peluang yang dapat ia tekuni dengan serius.

 

Alasannya ia memilih komoditas ikan lele karena siklus panen ikan yang cukup cepat dibandingkan beberapa komoditas lain seperti nila atau mas. Sehingga, kesempatan untuk berbalik modal juga cukup cepat. Selain itu, banyak peminat yang mencari ikan yang terkenal akan kumisnya tersebut.

 

Hasil yang terus meningkat seiring berjalannya waktu, mengantarkannya hingga memiliki lebih dari 40 kolam ikan lele. Satu kolam rata-rata memiliki ukuran 5x10 m. Rata-rata Suhandani menebar benih sebanyak 10 ribu ekor.

 

Hanya berjarak beberapa meter saja dari kediamannya, ia dapat mengontrol kolam-kolamnya dengan baik. Ia dibantu oleh 2 orang pegawai yang bertugas untuk membersihkan kolam, memberi pakan, dan mengurus keperluan lainnya.

 

Berbudidaya hampir 5 tahun lamanya, menjadikan Suhandi memahami seluk-beluk bisnis di komoditas lele ini. “Dalam sebulan, biasanya saya memanen lebih dari 10 ton lele,” tandasnya. Ikan tersebut ia pasarkan kepada agen yang sudah sejak lama menjalin kerjasama dengannya. Saat ini, ia menjual ikan lele dengan harga sekitar Rp 14.100 per kg.

 

Memilih Pakan

Keberhasilan pria berusia 32 tahun itu tentunya didukung oleh sarana dan prasarana budidaya termasuk pakan. Ia memilih pakan dengan sangat selektif dan penuh pertimbangan. Hal ini karena pakan merupakan faktor yang memakan biaya cukup besar dalam budidaya ikan.

 

Saat ini, ia menggunakan pakan Fi-Fast yang berasal dari PT Feedmill Indonesia. Berawal dari rasa penasarannya karena diberitahu adanya produk pakan berkualitas oleh beberapa temannya. Ia pun mencoba dengan harapan hasil panen akan memuaskan. Ternyata hasil yang diperoleh memang sesuai dengan yang diinginkan.

 

Hingga saat ini ia sangat cocok menggu­nakan pakan dari Feedmill. “Ikan saya menjadi lebih sehat dan cepat besar setelah pakai pakan Feedmill,”ungkapnya. Lanjut ia menjelaskan, keunggulan lain yang ia rasakan adalah kon­versi pakan yang lebih tinggi dibandingkan saat ia menggunakan pakan lain. Rata-rata ia bisa mendapatkan FCR (konversi pakan) 1 dan tingkat kematian yang sangat rendah.

 

Banyaknya manfaat yang didapat setelah menggunakan pakan dari Feedmill tentunya sangat mempengaruhi keuntungan yang diperolehnya. Ia mengaku dalam sebulan ia bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 20 juta rupiah. Kunci suskses dari usahanya ini tak lepas dari kedisiplinannya dalam mengelola bisnis yang sudah dirintis sejak nol itu. TROBOS Aqua /Adv

 

 


   Artikel Lain    

    Aman dan Maksimal Bunuh Patogen Udang

    Aqualisan, Desinfektan Efektif dan Efisien

    Mendulang Udang Bersama Suri Tani Pemuka

    Kapal Katamaran untuk Penangkapan Ikan

    Inovasi Kincir Tanpa Gearbox


  • Importasi dari Zona Based Dilanjutkan
  • Importasi Berbasis Zona Pasca Putusan MK
  • Urgensi Biosekuriti Tambak Udang
  • Penangkapan Tuna Ikut Terseok
  •   Tambak Udang Skala Mini di Madura
  •   Siasat Bertahan Peternak Layer
  • THE ALLTECH IDEAS CONFERENCE 2017
  •   Berbagi Pengalaman Kendalikan WFD

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved