Livestock Update   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Kamis, 24 Nopember 2016
Bali Jadi Lokasi Awal Program UPSUS SIWAB

Bali Jadi Lokasi Awal Program UPSUS SIWAB

Foto: HumasKabBadung


Komoditas Lain
Unggas
Sapi Perah
Sapi Potong
Domba/ Kambing
Aneka Ternak
Hobi Livestock

Badung (TROBOS.COM). Provinsi Bali termasuk lokasi awal pelaksanaan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) pada 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi Syukur Iwantoro saat membuka ajang panen 1000 ekor pedet hasil Inseminasi Buatan (IB) serta demo IB oleh petugas Pemeriksa Kebuntingan (PKB) dan Asisten Teknis Reproduksi (ATR) di Puskeswan Sobangan – kabupaten  Badung, sebagaiman dirilis Kementan. Syukur hadir bersama Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Mat Syukur

“Sentra pembibitan sapi Bali yang sangat baik itu berada di Nusa Penida. Kami menargetkan program ini bisa menghasilkan 3 juta ekor sapi betina bunting dari 5,6 juta sapi betina yang dikawinsuntik,” ungkapnya.

Syukur juga menjelaskan keunggulan sapi Bali yang tidak manja, tiap tahun bisa beranak. "Sapi Bali adalah salah satu jenis sapi asli Indonesia yang memiliki keunggulan yaitu serat daging halus serta kadar lemak rendah. Bahkan jika Sapi Bali dikembangkan secara organik, maka harganya mendekati harga Sapi Wagyu,” urai dia.

Tak hanya itu, Syukur menguraikan, di kota-kota besar Indonesia, permintaan sapi Bali sangat tinggi dan seringkali pemesanan dilakukan sejak sepekan sebelumnya, karena tingginya permintaan.

Kabupaten Badung di Bali ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai sentral pembibitan sapi lokal di Bali dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih. Di kabupaten ini akan dikembangkan menjadi Sentra Peternakan Rakyat (SPR) di Bali.

UPSUS SIWAB
UPSUS SIWAB merupakan gerakan nasional sebagai kelanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya guna lebih mendorong pertumbuhan sapi dan kerbau yang dituangkan dalam

Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting.

UPSUS SIWAB akan memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri untuk dapat terus menghasilkan pedet (anak sapi) dalam rangka menambah populasi ternak nasional.

Termasuk di dalam rangkaian program UPSUS SIWAB ini, kata Syukur, adalah penyelamatan betina produktif. Dia menegaskan pemotongan sapi betina produktif di Indonesia sudah mulai turun dari 70 menjadi 35 persen.

” Saya berikan apresiasi pihak kepolisan karena telah membantu untuk menekan pemotongan sapi betina yang masih produktif,”ujarnya. ist/nuruddin


   Artikel Lain    

    Manfaat Ekonomi Menggunakan Kapal Ternak Camara 1

    Bukan Hanya Swasembada Daging Sapi, Tetapi Protein Hewani

    Segera Dibentuk, Komite Pengendali Resistensi Antimikroba

    Undang Investasi Ternak, Lingga Siapkan Lahan Indigofera 100 ha

    Sertifikasi dan Kompartementalisasi Dongkrak Daya Saing Unggas Lokal


  • Importasi dari Zona Based Dilanjutkan
  • Importasi Berbasis Zona Pasca Putusan MK
  • Urgensi Biosekuriti Tambak Udang
  • Penangkapan Tuna Ikut Terseok
  •   Tambak Udang Skala Mini di Madura
  •   Siasat Bertahan Peternak Layer
  • THE ALLTECH IDEAS CONFERENCE 2017
  •   Berbagi Pengalaman Kendalikan WFD

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved