Livestock Update   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Jumat, 9 Desember 2016
Terpapar Flu Burung, Produk Unggas 7 Negara Ini Dicekal

Komoditas Lain
Unggas
Sapi Perah
Sapi Potong
Domba/ Kambing
Aneka Ternak
Hobi Livestock

Jakarta (TROBOS.COM). Terpapar flu burung jenis High Pathogenic Avian Influenza (HPAI), produk unggas dari 7 negara dicegah untuk masuk ke Indonesia.

Berdasar instruksi Kepala Badan Karantina Pertanian 12157/KR.110/K/11/2016 tanggal 29 Nopember 2016, ketujuh negara dimaksud adalah Rumania, Jepang, Belanda, Perancis, Finlandia, India, dan Swedia.

Immediate notification dari Badan Kesehatan Hewan Dunia (Office International des Epizooties / OIE) menyebutkan Rumania, Belanda, Perancis, Finlandia dan India terserang virus AI dengan serotipe H5N8. Sedangkan Jepang dan Swedia hanya terpapar virus Ai serotipe H5.

Kementerian Pertanian sejak 30/11 telah merilis kebijakan untuk mewaspadai pemasukan dan melakukan tindakan karantina penolakan terhadap pemasukan unggas dan produk unggas segar yang berasal dari negara - negara itu, yang dikirim sejak tanggal kejadian wabah penyakit. Kewaspadaan dilakukan bersama instansi terkait di pelabuhan atau bandar udara.  Selain itu juga mewaspadai wabah yang terjadi negara lain selain negara-negara teraebut.

Namun tindakan penolakan dikecualikan untuk produk unggas segar berupa Hatching Eggs (HE) / telur tetas dan telur Specified Pathogen Free (SPF).  Terhadap Media Pembawa HPAI yang akan transit di negara-negara yang sedang terkena wabah itu harus memperobh persetujuan dari Kepala Badan Karantina Pertanian .

Instruksi itu juga berlaku bagi negara asal unggas / produk unggas lainnya yang diketahut terkena wabah HPAI, berdasarkan informasi resmi dari OIE. Dalam rangka mengantisipasi kejadian wabah dan penyebaran Flu Burung di dalam negeri Kementan telah menginstruksikan kepada aparat terkait untuk selalu meningkatkan pengawasan lalu lintas antar area. ist/Yopi


   Artikel Lain    

    Satgas Pangan Perketat Penggawasan Distribusi

    Kerugian Tembus Rp 6,5 M, Kementan Bantu Peternak Korban Bencana Pacitan

    Sepanjang 2017, Harga Daging Sapi Segar Stabil Rp 110 Ribuan

    Masih Rendah, Kesadaran pada Resistensi Antibiotik

    Pemeriksaan Gangguan Reproduksi Upsus Siwab Harus Lebih Teliti


  • Kebijakan yang Komprehensif Dinanti
  • Menatap Bisnis Broiler 2018
  • Permainan Dagang Tekan Harga Nener
  • Angkat Pamor Bandeng Skala Industri
  •   Jambore Peternakan Nasional 2017
  •   Dr. drh. Surya Agus Prihatno, MP: Koreksi untuk Upsus Siwab
  •   Plus Minus Autofeeder Udang
  •   Klasterisasi Domba dan Kambing

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved