Advertorial Aqua   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Kamis, 15 Desember 2016
Panen Lele Stabil dengan Pakan Feedmill

   Panen Lele Stabil dengan Pakan Feedmill

Foto: 


Komoditas Lain
Udang
Air Tawar
Air Laut
Air Payau
Ragam Akua
Hobi Akua

Selain dari pengelolaan manajemen yang baik, pakan yang berkualitas juga berperan dalam peningkatan performa

 

Bermula dari ikut-ikutan teman, Eko mencoba berbudidaya ikan lele. Awalnya pembudidaya lele asal Desa Kutabaru Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara ini hanya berbudidaya secara kecil-kecilan saja, kolam yang ia kembangkan pun hanya 2. Seiring berjalannya waktu, Eko melihat hasil dari usahanya tersebut ternyata membuahkan hasil yang cukup lumayan. Semenjak saat itu ia mulai untuk menekuni usahanya secara serius.

 

Hingga saat ini, pria yang memiliki nama lengkap Eko Wiguna itu, sudah memiliki kolam budidaya lele sebanyak 40 buah. Masing-masing kolam memiliki ukuran berbeda-beda, namun secara rata-rata kolamnya beruku­ran 4x20 m. Semua kolam tersebut ia gunakan untuk pembesaran ikan lele. Dalam satu kolam, ia menebar sebanyak 15 ribu – 20 ribu ekor benih.

 

Eko biasanya tidak melakukan panen sekaligus, ia memanen ikan berkumis tersebut secara bertahap. Jika dikalkulasikan dalam sebulan ia dapat memanen ikan lele sebanyak 15 ton. Dalam satu kilo biasanya terdapat 5 - 10 ekor ikan, tergantung jenis ikan lelenya. Lele yang ia gunakan meru­pakan jenis lele jumbo dan lele sangkuriang.

 

Manajemen yang baik dapat dimulai dengan suatu teknik recording (pencatatan). Seperti halnya Eko, ia menerapkan teknik pembukuan untuk mencatat aktivitas dan situasi yang ada pada kolamnya. Hal ini ia lakukan untuk mengevaluasi performa pada lele yang dihasilkan, sehingga dapat menjadi suatu pelajaran untuk lebih baik dikedepannya.

 

Eko juga rajin memperhatikan kuali­tas air di dalam kolam miliknya. Ia sering melakukan pengontrolan air dengan jangka waktu tertentu. Tak lupa kolam juga dibersihkan pada saat penerimaan di awal penebaran.

 

 

Performa Meningkat

Usaha yang serta mer­ta membesarkan namanya tersebut, tentunya tidak selalu berjalan mulus. Ada saja kendala yang dihadapi, “Kendala di kami salah sa­tunya kematian yang cukup tinggi terutama pada musim hujan,”kata Eko menjelaskan. Walaupun jumlah kematian tersebut tidak terlalu besar, namun tetap saja menjadi suatu hal yang perlu dikontrol.

 

Untuk tetap menjaga performa ikan di tengah kondisi musim yang tak menentu, Eko memiliki caranya sendiri. Ia memberikan pakan dengan kualitas yang baik. Pakan dari PT Feedmill Indonesia menjadi pilihan yang tepat bagi Eko.

 

Alasan lain dari pemilihan pakan Feed­mill adalah FCR (konversi pakan) yang bisa mencapai 1. Sebelum menggunakan pakan Feedmill, ikan lele yang dipanen oleh Eko memiliki FCR yang lebih tinggi, sehingga jika dikalkulasikan menjadi tidak efisien.

 

Pengalamannya menggunakan pakan dengan berbagai merek, membuatnya hafal betul bagaimana karakteristik yang dibutuhkan di kolam lelenya tersebut. Seringkali ia menemui kualitas pakan yang tidak stabil. “Saya pernah menggunakan pakan hanya bagus di awal saja, tapi lama kelamaan menjadi tidak bagus lagi,”tutur Eko bercerita.

 

Lain halnya dengan pakan dari Feedmill, kualitas pakan dari minggu awal hingga ikan dipanen memiliki kualitas yang baik. Sebagai pelanggan setia Feedmill, Eko hanya berharap pakan Feedmill dapat terus terjaga kualitas dan mutunya. Trobos Aqua / Adv

 

 


   Artikel Lain    

    Kapal Katamaran untuk Penangkapan Ikan

    Inovasi Kincir Tanpa Gearbox

    Mabar Kembali Kenalkan Pakan Udang MB-SQ

    Kincir Dalam Negeri Kualitas Tinggi

    Aquatec Ajak Pembudidaya Buat KJA Bundar


  • Keramba Jaring Apung
  • Dermaga Apung
  • Jukung
  • Wisata Bahari
  •   IKLAN ONLINE
  •   Tambak Udang Skala Mini di Madura
  •   Siasat Bertahan Peternak Layer
  • Lowongan Kerja: PT Citra Mandiri Kencana

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2016 TROBOS, All Rights Reserved