Advertorial Aqua   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Kamis, 15 Desember 2016
Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) Ke-3 Tahun 2016

 Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) Ke-3 Tahun 2016

Foto: 


Komoditas Lain
Udang
Air Tawar
Air Laut
Air Payau
Ragam Akua
Hobi Akua

Momentum bagi Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional

 

Sebagai negara maritim dan kepulauan yang sangat besar, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan beragam dan melimpah. Hal ini merupakan anugerah bagi Bangsa Indonesia yang dapat didayagunakan sebagai penggerak ekonomi nasional serta pendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional.

 

Besarnya potensi perikanan Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal sehingga dilakukan berbagai upaya untuk mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan gizi, keberlanjutan sumber daya ikan, serta kesejahteraan masyarakat. Peningkatan konsumsi ikan merupakan salah satu program pemerintah dengan tema “Makan ikan itu enak” yang diluncurkan oleh Tim Kepresidenan dan juga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

 

Program ini diharapkan mampu mengajak masyarakat makan ikan, mengatasi masalah gizi nasional seperti bayi la­hir pendek (stunting) dan obesitas, mewujudkan masyarakat semakin sehat, kuat, dan cerdas karena memperoleh asupan gizi yang baik dari sumber protein yang mudah didapat dan dihasilkan di dalam negeri. Tak kalah pentingnya program ini diharapkan pula dapat menggerakkan atau menghela aktivitas ekonomi di hulunya seperti penangkapan, budidaya, pengolahan, dan pemasaran.

 

 

Harkannas

Hari Ikan Nasional (Harkannas) ditetapkan ber­dasarkan Keputusan Presiden RI nomor 3 tahun 2014 yang bertepatan dengan Peringatan World Fisheries Day yang jatuh pada tanggal 21 November. Tujuan penetapan Harkannas adalah untuk membangun kesadaran masyara­kat tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan nasional secara menyeluruh termasuk ketahanan pangan dan gizi nasional.

 

Pada tahun 2016, merupakan peringatan untuk ke-3 kalinya dan mengusung tema: “Melalui Hari Ikan Nasional Kita Dukung Kedaulatan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Pertimbangan ditetapkannya tema tersebut adalah pangan dan gizi merupakan hal yang saling terkait dan saat ini masih menjadi isu nasional yang perlu mendapat perhatian seluruh bangsa.

 

Kemudian kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi), stunting adalah beberapa contoh masalah yang dihadapi Bangsa Indonesia yang erat kaitannya dengan pemenuhan pangan dan gizi. Selain itu, ikan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi, bergizi tinggi, dan tersedia sepanjang tahun.

 

Harkannas dilaksanakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan berbagai bentuk kegiatan. Sejumlah kegiatan yang digelar antara lain Himbauan Budaya Makan Ikan, Internasional Pearl Festival ke-6, Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional, Indonesia Seafood Expo (ISE) 2016, Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan 2016, Peringatan Hari Ikan Nasional oleh Pemerintah Daerah, dan masih banyak lagi.

 

Pada 10 -11 Desember 2016 merupakan puncak peringatan Harkannas ke-3 yang dihadiri dan diikuti oleh para pemangku kepentingan dengan menampilkan produk perikanan berbasis komoditas perikanan, dihadiri oleh pejabat pemerintah pusat dan daerah, asosiasi perikanan, produsen, pengolah dan pemasar produk perikanan, dan instansi terkait lainnya, serta terbuka untuk masyarakat umum. Acara ini dimeriahkan dengan kegiatan Festival Perikanan Nusantara, jalan dan senam sehat, bazar ikan rakyat, kuliner masakan nusantara, pameran pembangunan kelautan dan perikanan, pameran ikan hias dan aquascape, lomba menggambar dan mewarnai, ceramah manfaat makan ikan, makan baso ikan gratis, parade drumband taruna STP Jakarta, pemeriksaan kesehatan gratis, dan lainnya.

 

Hari Ikan Nasional adalah momentum bagi Bangsa dan Negara Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional. Selain itu sebagai sarana bagi semua pemangku kepentingan di sektor kelautan dan perikanan untuk meluruskan niat, menguatkan tekad, merapatkan barisan dan menguatkan komitmen untuk melaksanakan pembangunan kelautan dan perikanan secara baik dan lestari untuk kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara, serta yang terpenting menjadi sarana membulatkan bertekad untuk kembali membangun kejayaan kelautan dan perikanan Indonesia. lTROBOS Aqua / Adv

 


   Artikel Lain    

    Olmix Gelar Seminar Internasional di China

    Terobosan Pakan Udang Granule dari PT Matahari Sakti

    Plastik Geomembran Primadona Penas Aceh

    Restocking Sidat, Konservasi Populasi dan Mata Air

    ASTIN Wadahi Petambak Probolinggo-Situbondo


  • Mengurai Stagnasi di Sapi Perah
  • Daya Pikat Koperasi
  • Kemitraan Budidaya Nila Berkelanjutan
  • Raup Peluang Pasar Nila
  • Training Jurnalistik Media Petemakan
  •   Urgensi Biosekuriti Tambak Udang
  •   Menyiasati Margin Budidaya Lele
  •   Efisiensi Kandang 3 Lantai

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved