Livestock Update   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Rabu, 21 Desember 2016
Percepatan Sertifikasi Ijin Edar Produk Unit Pengolahan Hasil Peternakan

Percepatan Sertifikasi Ijin Edar Produk Unit Pengolahan Hasil Peternakan

Foto: dok.TROBOS


Komoditas Lain
Unggas
Sapi Perah
Sapi Potong
Domba/ Kambing
Aneka Ternak
Hobi Livestock

Jakarta (TROBOS.COM). Sebanyak 372 Unit Pengolahan Hasil (UPH) Peternakan segera mendapatkan fasilitas percepatan sertifikasi ijin edar makanan.

Mereka adalah UPH  yang menerima bantuan sarana dan prasarana berupa bangunan dan alat pengolahan susu, daging, unggas dan telur dari Kementerian Pertanian sejak 2004 hingga 2016.

Fasilitas sertifikasi itu merupakan buah dari kerjasama Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan Deputi III Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) pada 20/12 di Kantor Kementan.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) I Ketut Diarmita menjelaskan sebagian besar produk olahan UPH tersebut belum memiliki sertifikat izin edar sebagai jaminan atas keamanan dan mutu, serta peningkatan daya saing produk.  

Ketut menerangkan, fasilitas percepatan sertifikasi ijin edarbagi UPH ini bertujuan untuk meningkatkan jaminan keamanan dan mutu pangan olahan hasil peternakan, memberi perlindungan bagi kesehatan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan nilai tambah dan daya saing pangan olahan hasil peternakan.

Menurut Ketut, UPH mengalami kesulitan mendapatkan sertifikat ijin edar baik dalam bentuk ijin MD maupun PIRT terkendala oleh biaya dan kelengkapan administrasi pengurusan izin usaha, kesulitan memenuhi persyaratan teknis standar bangunan dan sarana prasarana pengolahan. Selain itu UPH juga mengalami kesulitan belum memenuhi syarat “Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).

Guna mengatasi kesulitan itu, Ketut menyatakan telah memberikan fasilitasi bangunan dan alat pengolahan sesuai standar Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dan SNI, melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan pengolahan produk peternakan unggulan. Telah digelar pula bimbingan teknis untuk meningkatkan mutu produk olahan hasil peternakan bagi UPH peternakan.

Pihaknya juga telah menyiapkan pedoman/standar operasional prosedur pengolahan pangan hasil peternakan, disamping melakukan kajian Clustering Unit Pengolahan Hasil Peternakan di 10 provinsi melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB yang bertujuan untuk mengkelaskan Unit Pengolahan Hasil (UPH) Peternakan.

Ketut menerangkan, pembicaraan dengan Badan POM telah dilaksanakan sejak dari April sampai Desember 2016 untuk membahas detil kerjasama yang akan dilakukan, serta sinkronisasi kegiatan untuk tahun 2017.

Sampai dihasilkan kesepakatan kali ii, yang berisi kerjasama penyusunan roadmap dan pedoman pelaksanaan kegiatan, Pendampingan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), pemberian Bimbingan Teknis kepada UPH Peternakan dan pemberian fasilitas sarana-prasarana. Diintensifkan pula koordinasi dengan pemerintah daerah terkait dengan penerbitan izin usaha. Peningkatan kompetensi SDM. Kedua instansi itu juga sepakat memberikan fasilitas pengujian produk akhir dan sertifikasi halal.

“Kerjasama ini diharapkan dapat berjalan sinergis dan berkelanjutan untuk menjamin keberlangsungan peningkatan jaminan keamanan, mutu, dan daya saing produk pangan olahan peternakan yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat” ungkap Ketut Diarmita. ist / nuruddin
 


   Artikel Lain    

    Satgas Pangan Perketat Penggawasan Distribusi

    Kerugian Tembus Rp 6,5 M, Kementan Bantu Peternak Korban Bencana Pacitan

    Sepanjang 2017, Harga Daging Sapi Segar Stabil Rp 110 Ribuan

    Masih Rendah, Kesadaran pada Resistensi Antibiotik

    Pemeriksaan Gangguan Reproduksi Upsus Siwab Harus Lebih Teliti


  • Kebijakan yang Komprehensif Dinanti
  • Menatap Bisnis Broiler 2018
  • Permainan Dagang Tekan Harga Nener
  • Angkat Pamor Bandeng Skala Industri
  •   Jambore Peternakan Nasional 2017
  •   Dr. drh. Surya Agus Prihatno, MP: Koreksi untuk Upsus Siwab
  •   Plus Minus Autofeeder Udang
  •   Klasterisasi Domba dan Kambing

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved