Moment Update   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Kamis, 22 Desember 2016
Potensi Energi Maritim RI 60 Ribu Megawatt

Potensi Energi Maritim RI 60 Ribu Megawatt

Foto: diana


Jakarta (TROBOS.COM). Sektor maritim Indonesia berpotensi memproduksi energi hingga 60 ribu megawatt. Bakal diperlukan investasi lebih dari 1 milyar dolar, dengan tingkat serapan tenaga kerja sebanyak 240 ribu orang. Energi terbarukan ini juga bisa mengurangi emisi karbon hingga 170 juta ton CO2. 
 
Hal itu terungkap dalam rumusan  “Sarasehan Nasional Maritim dan Energi 2016” dengan tema Percepatan Infrastruktur Kemaritiman dan Kemandirian Energi, dalam Mewujudkan Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan” di Gedung Mina Bahari III pada Sabtu (17/12). Acara yang digelar oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (IKA ITS) dipadati 300 peserta alumni dan pihak terkait.
 
“Kami mengharapkan bidang maritim dan energi laut menjadi lokomotif ekonomi baru Indonesia, nantinya kami juga ingin pemerintah mendorong iklim pendidikan dan riset teknologi di perguruan tinggi semakin berkembang dan mendapatkan peran yang memadai,” ujar Mukhtasor, Wakil Ketua Umum Bidang Kemandirian Energi dan Pengembangan Sumber Energi Terbarukan. 
 
Mukhtasor juga menyampaikan usulan IKA ITS agar pemerintah menyelesaiakan peraturan perundangan perbaikan iklim investasi sektor maritim agar mampu bersaing di pasar global. IKA ITS juga memandang tingkat komponen dalam negeri harus ditingkatkan guna mendorong pembangunan infrastruktur di sektor maritim agar lebih baik lagi. 
 
Sebelumnya, sebagai narasumber, Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) Rifky Effendi Hardijanto mengutarakan, prinsip ekonomi menjadi hal yang sangat penting, karena pada dasarnya manusia akan mencari kesejahteraan. Menurut Rifky, konsepnya dengan Indonesia menjadi poros maritim dunia maka akan menciptakan banyak peluang usaha dan peluang kerja. 
 
“Peluang ini harus dimanfaatkan, SDM menjadi kata kunci, karena penguasaan teknologi oleh orang, pengusaha juga kan orang, dalam kaitan Indonesia menjadi poros maritim dunia harus bisa memberikan manfaat dan kesejahteraan yang besar bagi rakyat Indonesia,” ungkap Rifky pada kegiatan Sarasehan Nasional Maritim dan Energi 2016. diana
 


   Artikel Lain    

    Kick Off ILDEX 2017 : Meningkatkan Daya Saing Industri Peternakan Tanah Air

    Nelayan Kepung Istana, Tuntut Men KP Susi

    Taiwan Gelar Pameran Peternakan Pertama

    Harga Pangan Terkendali Selama Lebaran

    Produksi Ikan Nila Naik 17,9% Pertahun


  • Berkelasnya Kuliner Itik
  • Bisnis Itik Makin Dilirik
  • Kemitraan Budidaya Nila Berkelanjutan
  • Raup Peluang Pasar Nila
  • Training Jurnalistik Media Petemakan
  • Lowongan Kerja: BIOMIN
  •   Menyiasati Margin Budidaya Lele
  •   Mengurai Berbelitnya Perizinan Usaha Tambak

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved