Agri Unggas   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Minggu, 1 Januari 2017
Jeli Memilih Telur Omega 3

Jeli Memilih Telur Omega 3

Foto: trobos


Komoditas Lain
Unggas
Sapi Perah
Sapi Potong
Domba/ Kambing
Aneka Ternak
Hobi Livestock

Produsen dan pedagang telur omega 3 harus memproduksi sesuai dengan klaimnya dan wajib mendapatkan ijin produksi berupa NKV

 

Munculnya telur omega 3 dan rendah kolesterol menimbulkan minat bagi para konsumen meskipun harganya 2 - 3 kali lipat lebih mahal. Telur ayam yang mengandung omega 3, atau dengan kandungan kolesterol lebih rendah diperkaya dengan kandungan nutrisi lain berkhasiat untuk kesehatan. Hal tersebut diterangkan Wayan Wiryawan, Direktur PT Farma Sevaka Nusantara.

 

 Dia mengatakan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan jantung sudah semakin meningkat, disamping dengan cara olah raga, juga dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega 3.

 

Mudah Dibuat dan Kaya Manfaat

Wayan menjelaskan telur ayam dengan kandungan omega 3, dibuat dengan cara memberikan pakan kepada ayam petelur, dimana dalam pakan yang diberikan ditambahkan bahan baku pakan kandungan omega 3 cukup tinggi. “Melalui pemberian pakan yang diperkaya dengan kandungan omega 3 akan dihasilkan telur ayam yang mengandung omega 3 sesuai dengan standar WHO (World Health Organization) dimana rasio yang ideal untuk kesehatan antara kandungan omega-6 dan omega 3 minimal 4 : 1,” jelas Wayan.

 

Masyarakat dapat saja dengan mudah mendapatkan asupan omega 3 dengan mengkonsumsi minyak ikan atau minyak dari krill atau minyak dari biji flexseed (linseed), namun hanya dapat sebatas minyak dan omega 3 saja. Akan tetapi dengan mengkonsumsi telur atau produk pangan olahan asal ternak yang telah mengandung omega 3. Disamping mendapatkan omega 3, juga mendapatkan nilai gizi lainnya yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan, sistem daya tahan tubuh dan kesehatan.

 

“Seperti dengan makan telur yang mengandung omega 3, disamping mendapatkan manfaat dari omega 3, juga mendapatkan gizi lain (protein, lemak, mineral, vitamin, dan lainnya) yang terkandung dalam telur tersebut. Untuk memproduksinya pun cukup mudah,” ungkap Wayan.

 

Bahkan dari sisi biaya, ia menyebutkan bisa jadi membeli satu butir telur omega 3 dengan harga berkisar Rp 2.500 –  Rp 4.000 per butir telur akan sama biayanya atau bahkan lebih murah dibandingkan mengkonsumsi kapsul minyak ikan atau minyak krill atau minyak biji flexseed.

 

Masih menurut Wayan, melalui hasil penelitian ahli kesehatan dan gizi yang disajikan dalam bentuk makalah ilmiah menyatakan bahwa omega 3 sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah perkembangan sel-sel kanker, dan mencegah penyakit diabetes melitus.

 

 “Dengan mengkonsumsi makanan yang diperkaya omega 3 secara rutin akan membantu menjaga kekentalan darah (darah relatif lebih encer) sehingga mudah didistribusikan oleh jantung keseluruh tubuh dan mencegah pembentukan “platelet” pada dinding pembuluh darah. Sehingga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah dan  omega 3 dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik dan tidak tetap pada rasio yang berimbang,” jabarnya.

 

Ia menyarankan, untuk orang dewasa cukup mengkonsumsi 1 butir telur omega 3 bila didalam setiap satu butir telur tersebut sudah terkandung 300 - 600 miligram. Sedangkan anak-anak, cukup mengkonsumsi 1 butir telur juga bila dalam sediaan telur tersebut sudah mengadung omega 3 sebanyak 200 - 300 miligram.

 

 

Selengkapnya baca di majalah TROBOS Livestock Edisi 208/Januari 2017


   Artikel Lain    

    Garap Peluang Bisnis RPU

    Peternak Layer Tuntut Hak Budidaya

    VIV Asia 2017: Koneksikan Bisnis Peternakan Asia

    Efisiensi Kandang 3 Lantai

    Peternak Layer Lampung Tergerus


  • Pasokan Jagung Kuartal ke-2 Dikhawatirkan
  • Kelangkaan Jagung Terulang
  • Benih Lele Masih Kurang Pasokan
  • Menyiasati Margin Budidaya Lele
  •   Tambak Udang Skala Mini di Madura
  •   Siasat Bertahan Peternak Layer
  •   Berbagi Pengalaman Kendalikan WFD
  • THE ALLTECH IDEAS CONFERENCE 2017

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved