Livestock Update   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Selasa, 3 Januari 2017
Bali Beef, Brand untuk Daging Sapi Bali Premium

Bali Beef, Brand untuk Daging Sapi Bali Premium

Foto: dok.TrobosLivestock


Komoditas Lain
Unggas
Sapi Perah
Sapi Potong
Domba/ Kambing
Aneka Ternak
Hobi Livestock

Bali (TROBOS.COM). Dengan brand Bali Beef, daging sapi Bali berpotensi untuk dipasarkan sebagai daging kualitas premium.
 
Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Drh. I Ketut Diarmita, MP bekerjasama dengan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika untuk melakukan branding sapi Bali sebagai penghasil daging sapi premium (Bali Beef). 
 
Branding Bali Beef ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan pendapatan peternak. “Program Bali Beef dimulai tahun ini (2017) dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual sapi Bali, sehingga peternak dapat memperoleh tambahan keuntungan,” ungkap Diarmita.  
 
Dia melanjutkan, melalui program ini, sapi Bali tidak lagi dijual dalam bentuk ternak hidup yang harganya lebih mura, tapi yang dijual harus dalam bentuk daging sapi Bali yang harganya lebih mahal dan beternaknya dengan konsep bisnis,” ujar Diarmita.
 
Sapi Bali merupakan kebanggaan bangsa Indonesia dan sudah menjadi ikon sapi nasional. Populasi sapi Bali di Provinsi Bali sebanyak 553.582 ekor (Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2016). 
 
Menurut Diarmita, sapi Bali menjadi tumpuan harapan di masa mendatang, selain sebagai ternak asli Indonesia (Bali), sapi Bali juga cepat beradaptasi, mudah dikembangbiakkan, dan mempunyai kualitas daging yang baik. Pola pemeliharaan sapi Bali asli yang dilakukan secara ekstensif, sepenuhnya mengandalkan pakan sapi dari hijauan dan tanpa ada treatmen hormon membuat daging sapi Bali lebih berkualitas dan dapat disetarakan dengan daging organik.
 
Berbagai penelitian menyatakan bahwa daging sapi Bali memiliki potensi yang besar untuk dapat dikembangkan menjadi premium meat produksi daging lokal Indonesia. Untuk menghasilkan premium meat tersebut tentunya diperlukan perlakuan khusus dalam mempersiapkan sapi Bali seperti yang selayaknya dilakukan kepada sapi-sapi rumpun lainnya yang diperuntukkan untuk menghasilkan premium meat.
 
“Oleh karena itu, jika daging sapi Bali atau Bali Beef  pemotongannya dipilah sesuai dengan pembagian jenis potongan daging, maka prime cut daging sapi Bali dapat mengisi pasar untuk Horeka (Hotel, Restoran dan Katering ) yang khusus untuk dikonsumsi masyarakat menengah ke atas,” ungkap Diarmita.  
 
Sementara itu, Gubernur Provinsi Bali, I Made Mangku Pastika meminta kepada Kementan agar program Bali beef benar-benar dapat diimplementasikan. Menurutnya dengan adanya program ini, maka diharapkan sapi Bali akan bisa mengisi kebutuhan khusus daging sapi berkualitas tinggi, yang selama ini masih harus diimpor. 
 
“Jangan hanya jual ternak hidup, tapi jual daging sapi Bali. Jika daging Bali Beef terjual lebih mahal, khususnya untuk konsumsi menengah ke atas, maka peternak kita akan untung dan bergairah dalam menjalankan usahanya” ungkapnya. 
 
Made menegaskan kembali bahwa program Bali Beef kedepannya diharapkan akan dapat menjadikan icon sebagaimana brand daging sapi Wagyu yang mendunia. 
 
"Saya maunya harga daging sapi Bali yang telah diolah (branding) mendekati harga daging sapi Wagyu, sehingga peternak untung dan bergairah”, ujar Made Mangku Pastika.
 
Untuk itu, Made Pastika meminta agar Ditjen PKH mendatangkan investor khusus untuk pengembangan branding Bali Beef sebagai premium meat produksi lokal Indonesia. Gubernur Bali juga akan mengundang investor yang berminat dan bila diperlukan akan menyiapkan regulasi yang mendukung pemasarannya kelak. nuruddin
 


   Artikel Lain    

    NTT Miliki 24% Luasan Tanam Jagung Nasional

    Pengendalian Antraks Kulon Progo, Pengawasan Diperketat

    Upsus Siwab Bidik 166.094 Induk di Jabar

    Perempuan Dilibatkan dalam Produksi Pertanian

    Dalam 2 Tahun, 235 Ribu Induk Disembuhkan dari Gangrep


  • Keramba Jaring Apung
  • Dermaga Apung
  • Jukung
  • Wisata Bahari
  •   IKLAN ONLINE
  •   Perkiraan Harga Sapi Selanjutnya
  •   Bahan Baku Alternatif Pengganti Jagung
  •   Cara Meningkatkan Kualitas Nutrisi Pakan

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2016 TROBOS, All Rights Reserved