Moment Update   
  Livestock Update +       Moment Update +       Aqua Update +  




Rabu, 22 Nopember 2017
Tata Kelola Tuna Indonesia Untuk Kesejahteraan Nasional

Tata Kelola Tuna Indonesia Untuk Kesejahteraan Nasional

Foto: dok.KKP


Jakarta (TROBOS.COM). Tuna menduduki peringkat ketiga dalam nilai ekspor perikanan Indonesia. Masalahnya, volume penangkapan ikan tuna di Indonesia hanya berselisih sedikit dengan angka stok ikan lestari atau Maximum Sustainable Yield (MSY).

Rifky Effendi Hardijanto Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan perlu adanya regulasi khusus yang mengatur ikan tuna di Indonesia agar sumber daya ikan khususnya ikan tuna dapat dinikmati oleh rakyat Indonesia.

“Tuna itu diambil di laut tentu Ia termasuk sumber daya alam sama seperti tambang. Untuk itu diperlukannya regulasi, bagaimana agar dapat memberikan dampak ekonomis secara berkelanjutan dan terus menerus,” terang Rifky pada diskusi interaktif mengenai Kebutuhan Regulasi dalam Tata Kelola Tuna di Indonesia, di Ballroom KKP, Senin (20/11).

Hal ini senada dengan pendapat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron bahwa indikator keberhasilan Indonesia dalam mengatur tata kelola di Indonesia yaitu bukan hanya pada kepatuhan pada konvensi laut internasional melainkan juga pada kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan nasional.

Herman berharap agar ikan tuna di Indonesia dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. “Kita boleh ikut konvensi tapi kita harus punya regulasi yang kuat dan jelas baik keluar dan ke dalam,“ ungkap Herman.

Manajemen Tuna Antarnegara
Tingginya permintaan ikan tuna di pasar global dan sifatnya sebagai jenis ikan bermigrasi jauh menyebabkan pengelolaannya dilakukan bersama secara regional oleh Regional Fisheries Management Organizations (RFMO). Peraturan internasional tata kelola penangkapan tuna di zona ekonomi eksklusif (ZEE) dan laut lepas disepakati oleh negara anggota didalam sidang tahunan RFMO.

Menimbang tata kelola bersama itu, Biro Hukum dan Organisasi KKP menyelenggarakan diskusi untuk menjaring aspirasi dari multisektoral demi menghadapi tata kelola tuna yang sesuai dengan tiga pilar KKP yaitu kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan.

Pemerintah mengharapkan kemandirian Indonesia dalam memanfaatkan sumber daya ikan tuna mulai dari proses penangkapan, pengolahan sampai pemasarannya sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh Indonesia bersama RFMO. Hanya saja, Kepala Pusat Riset Perikanan KKP Toni Ruchimat menegaskan meskipun kuota penangkapan ikan tuna bagi negara anggota RFMO dibatasi dengan alasan keberlanjutan, keberadaan Indonesia menjadi anggota RMOFs memberikan keuntungan.

“Apabila suatu negara tidak terdaftar sebagai anggota RFMO, negara tersebut tidak diperbolehkan untuk mengekspor produk perikanannya ke negara lain, hanya bisa menangkap ikan di perairan negaranya. Apabila negara tersebut kedapatan menangkap tuna di ZEE atau laut lepas akan dinyatakan sebagai pelaku IUU (illegal, unreported and unregulated) fishing,” terang Toni. Untuk itu, melalui keanggotaan Indonesia dalam RFMO, Toni mengusulkan agar tuna harus memiliki peraturan menteri tersendiri dengan mempertimbangkan kedaulatan negara dan resolusi dari RFMO. ist/ntr


   Artikel Lain    

    Antisipasi Gejolak Akhir Tahun, KPPU Awasi Pasokan Daging Sapi

    Target IB Upsus Siwab Tercapai 92,27%

    Budaya Merti Kali, Inisiatif Partisipatif Pelestarian Sumberdaya Ikan dan Perairan

    UNDIP Berikan Doktor Honoris Causa untuk Presdir Medion

    Mengkaji Kandang Ayam Modern


  • Kebijakan yang Komprehensif Dinanti
  • Menatap Bisnis Broiler 2018
  • Permainan Dagang Tekan Harga Nener
  • Angkat Pamor Bandeng Skala Industri
  •   Jambore Peternakan Nasional 2017
  •   Dr. drh. Surya Agus Prihatno, MP: Koreksi untuk Upsus Siwab
  •   Plus Minus Autofeeder Udang
  •   Klasterisasi Domba dan Kambing

        


    ETALASE    



Home     Our Profile     Trobos Moment     Contact Us     Data Agri     Foto     AgriStream TV     TComm     Berlangganan
Copyright 2014-2017 TROBOS, All Rights Reserved