Konsultasi Ternak
01 July 2007
Telur Kaya Selenium (Se)

Tanya
Saya seorang peternak ayam ras petelur yang sudah cukup lama dan ingin mengembangkan usaha ini dengan skala lebih besar. Untuk itu saya berencana memproduksi telur yang memiliki keunggulan dibandingkan yang lain. Keunggulan apa yang mesti saya tonjolkan dan bagaimana caranya? Mohon penjelasan. Terima kasih

Slamet, Garut


Jawab
Bapak Slamet yang terhormat,
Dalam strategi pemasaran, pangsa pasar harus ditentukan. Bersaing dan memperebutkan pangsa pasar yang sudah ada akan menyebabkan pasar jenuh. Sebelum memproduksi telur dengan keunggulan komparatif dan kompetitif, harus diamati lebih dahulu siapa pangsa pasar dari produk tersebut dan berapa banyak?
Mengenai produk telur yang memiliki keunggulan tertentu, bapak bisa menciptakan telur dengan berbagai kelebihan. Misalnya telur yang mengandung asam lemak omega 3 atau telur yang kaya  Selenium (Se). Telur yang kaya akan omega 3, sudah cukup banyak di pasar Indonesia, sementara saat ini tren di negara-negara maju adalah produk telur yang kaya akan Se.
Beberapa fungsi Se yang penting bagi kesehatan adalah mineral ini dapat meningkatakan kemampuan reproduksi. Se juga penting sebagai benteng penyakit yang disebabkan oleh virus seperti influenza. Keampuhan Se dalam menangkal penyakit kanker juga telah terbukti. Selenium juga diyakini sebagai bagian komponen dari enzim yang berfungsi sebagai antioksidan. Penyakit-penyakit diatas adalah jenis penyakit yang sekarang banyak dialami manusia.
Cara memproduksi telur ayam yang kaya Se, tidak sesulit yang dibayangkan. Teorinya, bapak hanya membuat ransum yang kaya Se dan berikan kepada ternak. Ternak akan menyerap Se tersebut dan kemudian menyimpan atau mendistribusi ke seluruh produknya, baik dalam daging, telur ataupun susu. Untuk kasus bapak, produk yang dihasilkan adalah produk telur kaya Se. Persoalan muncul ketika bapak mencari bahan makanan yang mengandung Se tinggi untuk dijadikan bahan penyusun ransum. Data tentang kandungan Se bahan makanan unggas yang ada di Indonesia, belum muncul dalam publikasi. Kalau mau sepakat dengan NRC, maka sebagian besar makanan penyusun ransum yang kita gunakan memiliki kandungan Se yang rendah. Ransum kita adalah ransum yang berbasis jagung dan kacang kedele.
Solusinyua dengan jalan menambahkan Se dalam ransum ternak bapak. Dalam hal ini, Se yang harus ditambahkan adalah Se dalam bentuk organik bukan dalam bentuk anorganik. Ini penting diinformasikan karena penambahan yang tinggi dalam bentuk Se anorganik dapat menyebabkan ternak mengalami keracunan. Terdapat perbedaan rekomendasi kandungan Se yang harus diberikan dalam ransum ayam peterlur, berkisar dari 0,05 ? 0,15 mg/kg. Dengan kandungan Se seperti itu, kandungan Se dalam telur berkisar  7,5 ?g. Sebuah produk telur dikatakan kaya akan Se jika kandungan Se lebih besar dari angka tersebut atau mendekati angka 20 ?g. Setiap negara memiliki regulasi sendiri tentang seberapa besar kandungan Se dalam telur sehingga sebuah produk telur dapat dikatakan ?telur kaya Se?.
Alltech telah memproduksi produk ?Sel-Plex?? sebagai sumber Se alami dan organik. Produk ini diekstrak dari yeast Saccharomyces cerevisiae. Produk ini terbukti dapat meningkatkan kandungan Se di dalam telur, daging dan susu. Penambahan Se organik dalam bentuk Sel-Plex dengan level 0,3-0,4 mg/kg dapat meningkatkan kandungan Se telur sampai 30 ?g. Ini berarti produk telur tersebut dapat dikatakan ?kaya akan Se?. Penambahan Sel-Plex dalam ransum juga akan meningkatkan daya imun, produktivitas dan reproduktivitas ternak. Selain itu Sel Plex dalam ransum ayam petelur  juga dapat meningkatkan performa ayam petelur serta meningkatkan status kesehatannya. Silahkan mencoba, semoga sukses.