Konsultasi
01 December 2010
Pakan Ikan Kakap yang Tepat

Tanya:
Saya adalah seorang yang baru memulai budidaya ikan kakap di Kepulauan Seribu. Jenis pakan apa yang cocok untuk ikan kakap? Bagaimana dengan pakan buatan dan pakan rucah, mana yang lebih bagus? Serta teknik pemberian pakan seperti apa yang tepat agar tingkat kematian ikan bisa dihindari? Terima kasih atas sarannya.

             Ihsan?Jakarta

 

Jawab:
Prinsip dari pemberian pakan ke ikan budidaya kita adalah kemauan ikan untuk memakan pakan yang diberikan, kualitas, & kuantitas pakan serta harus ekonomis. Jenis pakan yang sesuai untuk ikan kakap ada 2 alternatif yaitu pakan buatan (pellet) atau pakan alami (rucah). Sebelum menentukan pakan mana yang tepat, perlu diketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing pakan tersebut.


Kelebihan pakan buatan antara lain mudah diperoleh dalam jumlah banyak dan kontinu, mudah dalam penyimpanan dan tidak membutuhkan lahan yang luas, biaya penyimpanan murah, dan ukuran pellet bisa disesuaikan dengan besarnya ikan (ukuran mulut). Sedangkan kekurangannya adalah tingkat pertumbuhan kalah dibanding pakan rucah, harus dibiasakan dari kecil, anggapan harga lebih mahal dan kurang respon sewaktu perpindahan dari pakan rucah ke pakan pellet.


Semantara kelebihan dari pakan rucah yaitu tingkat pertumbuhan lebih bagus dibanding pellet dan lebih murah (jika stok melimpah atau sedang musim). Sedangkan kelemahannya adalah ketersediaannya tidak kontinu, bersaing dengan kebutuhan konsumsi, memerlukan tenaga dan waktu (untuk mencacah), sebagai vektor/pembawa penyakit, mutu sering tidak terjamin, serta dalam penyimpanan membutuhkan es/freezer.


Dari perbandingan tersebut yang perlu diperhatikan adalah rucah sebagai vektor/pembawa penyakit karena merupakan hasil tangkapan ikan dari alam. Dan jika diberikan ke ikan budidaya tentunya berbahaya karena penyakit tersebut akan masuk kedalam tubuh ikan.

 

Selengkapnya baca di Majalah TROBOS Edisi Desember 2010