Agri Unggas
01 October 2010
Ayam Sentul, Lebih Montok, Lebih Gurih

Mampu bertelur lebih banyak daripada ayam kampung biasa

Ayam kampung kini semakin diminati konsumen. Ini karena dagingnya yang sudah lama dikenal gurih itu, kini jauh lebih gurih, apalagi dibandingkan dengan daging ayam ras, broiler. Ayam sentuk (buras = bukan ras) misalnya, oleh peternak dikenal sebagai ayam kampung atau ayam buras yang pertumbuhan dagingnya cepat montok. Dan produksi telurnya pun lebih banyak ketimbang ayam buras biasa.  
Sebagaimana yang diungkapkan Fahni Achmad Fatoni peternak ?ayam sentul? asal Ciamis yang dihubungi TROBOS, bahwa ?ayam sentul? adalah ayam buras atau ayam lokal khas Ciamis yang penampilan fisiknya tergolong tipe aduan. Namun kini ayam ini sudah dibudidayakan sebagai penghasil daging dan telur.
Menurut Fahni yang sejak 2007 berternak, ayam sentul bisa menghasilkan sampai 18 telur per periode. Ini jauh lebih banyak dari ayam buras biasa. Ia menjelaskan, bobot betina ayam sentul berkisar  1,2 ? 1,3 kg. Yang jantannya malahan bisa mencapai 1,5 sampai 2 kg.
Secara terpisah Sofyan Iskandar, peneliti Balitnak (Badan Penelitian Peternakan) Institut Pertanian Bogor membenarkan produksi telur ayam sentul lumayan bagus. Jika ayam kampung per ekor per tahunnya menghasilkan 70 telur per 7 periode, maka ayam sentul bisa mencapai 100 butir atau lebih per ekor per periode.
Pertumbuhannya pun tidak kalah bagus dengan produktivitas telurnya. Umur 10 minggu bisa berkisar 1 kg bobotnya, perbedaannya 100 - 200 gram lebih besar dibandingkan ayam kampung biasa pada umur dewasa.
Dilihat dari wilayah penyebarannya, Sofyan menuturkan, ayam sentul hampir tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Ciamis, khususnya di Kecamatan Ciamis, Cijeungjing, Cikoneng, Sindangkasih, Cipaku, dan Banjarsari.  Bahkan di Kecamatan Ciamis dan Banjarsari, pengembangan ayam sentul ditangkarkan secara khusus oleh kelompok peternak, baik untuk tujuan bisnis atau pun untuk pelestarian.
ramdan

Karakteristik Ayam Sentul  
1. Bobot dewasa jantan 1,5 - 2 kg.
2. Bobot dewasa betina 1,3 -  1,5 kg.
3. Produksi telur  118 butir/tahun.
4. Bobot telur  38,3 gr.
5. Umur pertama bertelur 5,5 bulan.
6.   Ayam Sentul jantan umumnya memiliki jengger tunggal (single comb) atau pea comb.
7.   Ayam Sentul juga memiliki daging yang cukup banyak.
8.   Panjang leher sekitar 20,81cm untuk (jantan) dan 13,46 cm (betina).
9.   Panjang tungkai sekitar 25,41 cm (jantan) dan 23,81 cm (betina).
10. Panjang punggung sekitar 23,43 (jantan) dan 22,87 cm (betina).
Diolah dari berbagai sumber

Selengkapnya baca di Majalah TROBOS Edisi Oktober 2010