Berita & Peristiwa
01 August 2011
Peraturan Menteri Tentang Ekspor Impor Produk Peternakan

Jakarta (TROBOS). Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan akan mengeluarkan peraturan menteri tentang pemasukan dan pengeluaran hewan dan produk hewan. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat rancangan peraturan tersebut antara pemerintah dan pemangku kepentingan bidang peternakan di Kementerian Perdagangan (8/7).

Kementerian Pertanian akan mengeluarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) tentang rekomendasi persetujuan pemasukan karkas, daging, jeroan dan/atau olahannya ke dalam wilayah Indonesia dan Permentan tentang rekomendasi persetujuan pemasukan dan pengeluaran benih dan/atau bibit ternak dari dan ke wilayah Indonesia. Ada juga Permentan tentang rekomendasi persetujuan pemasukan dan pengeluaran ternak potong ke dalam dan ke luar wilayah Indonesia. Sedangkan Kementerian Perdagangan akan mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang ketentuan impor dan ekspor hewan dan produk hewan.

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Banun Harpini mengatakan, Permentan tentang rekomendasi importasi didasarkan pada perhitungan hanya untuk memenuhi kebutuhan yang kurang setelah memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam negeri . “Perhitungan alokasi kebutuhan ternak potong dan produk ternak akan dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian. Sedangkan izin importasi berdasarkan rekomendasi Kementerian Pertanian akan dikeluarkan Kementerian Perdagangan termasuk alokasi per individu atau perusahaan importir,” ujarnya.

Selengkapnya baca di majalah TROBOS edisi Agustus 2011