Sana Sini & Expose
01 May 2011
Panen Udang Vannamei

Untuk ketiga kalinya, Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya(BLUPPB)  Karawang melakukan panen udang dari pola kerjasama  biaya pembiayaan oleh swasta dengan  fasilitas infrastruktur dan sumber daya manusia oleh BLUPPB.

Karawang (TROBOS).Untuk ketiga kalinya, Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya(BLUPPB)  Karawang melakukan panen udang. Kepala Balai Ir Supriyadi M,Si mengatakan, panen  vannamei kali ini adalah hasil kerjasama BLUPPB dengan investor. Tak kurang lebih dari 100 tamu undangan yang terdiri dari jajaran staf BLUPPB, Direktorat Binamarga, Muspika Kecamatan Cilebar, dan para investor lokal. Kurang lebih 7 petak tambak udang di panen pada pagi hari itu, dengan total estimasi panen 27 ton udang vannamei.

Supriyadi mengatakan kerjasama dilakukan dengan sistem pembagian  biaya operasional yang dilakukan oleh swasta sementara fasilitas infrastruktur dan sumber daya manusia oleh BLUPPB. “Dengan begitu harapannya, sarana dan prasarana seperti  tambak/kolam seluas 100 hektar dan lahan plasma 152 hektar yang tersedia di balai dapat termanfaatkan dengan baik,” tambahnya.

 Himbauan yang sama juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan,Ketut Sugama. Ia mengatakan,panen udang vanamei kali ini adalah bentuk  keberhasilan budidaya perikanan indonesia. Pada kesempatan tersebut, dalam rangka menyambut hari bumi yang jatuh pada 22 April, dilakukan juga penanaman dan pemeliharaan mangrove.

Selengkapnya baca majalah Trobos edisi Mei 2011